Langkah Membalance Roda Mobil
v Alat dan Bahan
Alat dan bahan yang digunakan untuk
melakukan langkah kerja, ialah :
§ Kunci
Roda.
§ Mesin
Balance Roda (Wheel Balancer).
§ Width
Measuring Gauge.
§ Amplas.
§ Timbel/Beban/Bobot
Balancer.
v Langkah Kerja
Langkah
kerja dalam melakukan praktek Balance Roda, ialah antara lain :
1. Sebelum
dilakukan balance roda, terlebih dahulu mengendorkan mur roda pada roda yang
akan dibalance menggunakan kunci roda.
2. Setelah
mur roda dikendorkan, kemudian mendongkrak kendaraan menggunakan dongkrak,
selanjutnya bagian yang didongkrak ditopang menggunakan jack stand.
3. Selanjutnya,
melepas mur roda dan melepas roda yang akan dibalance dari kendaraan.
4. Setelah
itu, memastikan tekanan ban dalam keadaan standar, berikutnya membersihkan
permukaan peleg roda dari bobot balancer sisa yang menempel, serta segala
kotoran pada permukaan peleg.
5. Kemudian,
memasang roda yang akan dibalance ke dudukan roda pada Mesin Balance Roda
(Wheel Balancer) dan dikunci dengan menggunakan pengunci roda, serta memastikan
roda sudah terpasang dengan kuat.
Gambar. Mesin Balance Roda (Ban)
6. Selanjutnya,
menekan tombol selector untuk menentukan tipe penyetelan, apakah tipe Statis
atau tipe Dinamis.
~ Tipe
Statis, yakni digunakan pada saat roda bergetar ke atas dan ke bawah, serta
menggunakan bobot balancer pada satu sisi, yaitu pada bagian atas atau bawah.
~ Tipe
Dinamis, yakni digunakan pada saat roda bergetar ke arah samping, serta
menggunakan bobot balancer pada dua sisi, yaitu pada bagian dalam dan luar.
7. Kemudian
memilih posisi penempatan bobot balancer pada permukaan peleg roda.
8. Selanjutnya
menekan tombol DISTANCE, kemudian mengukur jarak antara roda dengan body wheel
balancer, yakni dengan meggunakan pengukur distance (jarak), setelah itu
menekan tombol OK.
9. Setelah
itu, menekan tombol LARGE, kemudian mengukur lebar ban dengan menggunakan Width
Measuring Gauge, setelah itu memasukkan hasil pengukuran dengan menekan tombol
plus (+) atau minus (-), setelah itu menekan tombol OK.
10. Selanjutnya
menekan tombol DIAMETER untuk mengukur diameter ban, kemudian memasukkan hasil
pengukuran dengan menekan tombol plus (+) atau minus (-), setelah itu menekan
tombol OK.
11. Kemudian,
memutar roda dan tutup dengan penutup roda, dan biarkan roda berputar hingga
berhenti.
12. Pada
saat putaran roda berhenti, kemudian melihat pengukuran pada layar dengan nilai
dalam satuan gram.
13. Setelah
itu, memutar roda secara perlahan hingga indikator warna hijau menyala,
kemudian menginjak rem pada Mesin Balance Roda (Wheel Balancer).
14. Selanjutnya,
memasang atau menempelkan bobot balancer pada bagian peleg yang sejajar dengan
garis penunjuk.
15. Setelah
itu, melakukan pengecekan, dengan cara memutar kembali roda hingga berhenti,
yakni apabila layar menunjukkan angka nol (0), berarti roda sudah seimbang
(balance).
16. Apabila
proses balance belum berhasil, maka perlu menambah bobot balancer pada bagian
peleg roda yang lain dengan melakukan pengukuran kembali.
17. Kemudian,
setelah proses balance selesai, maka roda dapat dilepas dari Mesin Balance Roda
(Wheel Balancer), dengan melepas pengunci roda pada dudukan roda, sehingga roda
yang sudah balance dapat dipasang ke kendaraan.
18. Dalam
pemasangan roda yang telah dibalance, roda dipasang disertai dengan mur roda,
yang selanjutnya dikencangkan menggunakan kunci roda.
19. Setelah
itu, mendongkrak kendaraan pada bagian roda yang dibalance, kemudian melepas
jack stand dari kendaraan.
20. Selanjutnya,
dongkrak diturunkan, dan mur roda pada roda yang dibalance dikeraskan
menggunakan kunci roda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar