Sabtu, 26 Januari 2013

Penyebab Bensin Kendaraan Boros


Penyebab Bensin Kendaraan Boros

Borosnya bahan bakar dipengaruhi oleh berbagai faktor, misalnya gaya atau perilaku mengemudi pengendaranya, atau mungkin masalah pada kendaraan itu sendiri.
Salah satu masalah yang banyak ditemui pengguna kendaraan bermotor adalah borosnya bensin kendaraan mereka. Borosnya bensin atau bahan bakar dipengaruhi oleh berbagai faktor, misalnya gaya atau perilaku mengemudi pengendaranya, atau mungkin masalah pada kendaraan itu sendiri. Beberapa penyebab borosnya bahan bakar kendaraan, ialah seperti di bawah ini :
Knalpot Bocor
Knalpot yang bocor membuat gas buang dari ruang mesin menjadi lebih banyak dan langsung daripada semestinya. Akibatnya, suara kendaraan menjadi kasar dan keras. Selain itu, knalpot bocor juga membuat mesin menghisap bensin lebih banyak ke dalam ruang pembakaran.
Tekanan Angin Ban
Banyak pemilik kendaraan yang kurang memperhatikan tekanan angin ban kendaraannya. Tekanan angin yang kurang, selain dapat menyebabkan konsumsi bahan bakar boros juga bisa meningkatkan resiko pecah ban.
Ban Aus
 
Permukaan ban yang aus memiliki daya cengkeram pada jalan yang kurang maksimal, sehingga meningkatkan resiko kecelakaan. Permukaan ban yang botak juga akan memaksa mesin bekerja lebih keras agar traksi kendaraan memenuhi kebutuhan penggunaannya.
Oli Mesin, Transmisi Dan Gardan
Kebanyakan pemilik kendaraan lebih mengutamakan penggantian oli mesin ketimbang oli transmisi dan oli gardan. Namun, penggantian oli transmisi dan gardan juga wajib diperhatikan, agar gesekan di komponen drive train tetap minimal sehingga kinerja mesin akan lebih ringan.
Kompresor AC, Water Pump dan Bearing Kompresor
Saat kompresor AC bekerja, tenaga mesin akan banyak tersita. Hal ini mungkin tidak terlalu berpengaruh bagi mesin bertenaga besar, namun untuk mesin bertenaga kecil, kinerja AC akan sangat berpengaruh pada performanya. Periksa juga bearing kompresor, alternator dan water pump, karena jika salah satunya rusak, biasanya berdampak pada beban mesin yang semakin berat.
 
Bearing roda yang bermasalah (aus) akan menimbulkan suara berdengung pada kecepatan tinggi. Hal ini bisa menyebabkan konsumsi bahan bakar yang tersedot lebih banyak, karena putaran roda yang kurang lancar.
Rem Bermasalah
Banyak kasus rem bermasalah terjadi saat rem tidak kembali ke posisi semula setelah diinjak. Biasanya, ini disebabkan oleh adanya korosi di dalam sistem rem. Hasilnya, kampas rem akan lebih banyak bergesekan dengan cakram atau tromol, yang menyebabkan putaran roda menjadi lebih berat dan tidak lancar. Hal ini akan membuat mesin bekerja lebih berat, dan menyedot bahan bakar lebih banyak dari semestinya.

Sumber            : http://www.tnol.co.id/rekomendasi/14722-ini-dia-penyebab-boros-bensin-kendaraan-anda.html

Tanggal            : Selasa, 24 Juli 2012
Penulis             : Mike Scorviano

Tidak ada komentar:

Posting Komentar