Apabila motor terasa boros, bisa
disebabkan oleh kondisi pembakaran yang kurang sempurna. Cara sederhana untuk
memeriksanya dengan melihat warna elektroda busi. Karena saat terjadi
pembakaran, elektroda busi berada di dalam ruang bakar. Caranya tentu harus
melepas busi terlebih dahulu. Lalu perhatikan warna elektroda atau mulut busi.
Bila warna elektroda busi hitam kering atau berjelaga pertanda pembakaran tidak sempurna. Campuran pembakaran
terlalu gemuk atau kaya. Warna hitam disebabkan bensin tidak terbakar habis
sehingga menempel pada mulut busi. Bisa juga disebabkan settingan bensin di
karburator dan kerenggangan klep tidak tepat atau pengapian yang bermasalah.
Misalnya penyetelan udara pada karburator terlalu sedikit, spuyer aus atau terlalu
besar, bahkan filter udara tersumbat atau kotor juga bisa menyebabkan pembakaran terlalu kaya.
Begitu juga dengan setelan klep yang
terlalu renggang. Bensin yang masuk ke ruang bakar terlalu banyak sehingga
tidak bisa terbakar habis. Solusinya motor harus disetting ulang. Biasanya bila
sudah terlalu lama tidak di service, settingan motor akan berubah dan tidak
ekonomis lagi.
Namun bila pengapian yang
bermasalah, busi jadi perhatian pertama. Diantara begitu banyak part pengapian,
umur busi yang paling pendek. Biasanya umurnya antara 6000 sampai 7000 km,
tergantung pemakaian. Lebih dari itu performanya akan turun dan pastinya
pembakaran jadi kurang sempurna. Sedangkan warna busi yang pembakarannya
sempurna akan terlihat kecoklatan. Namun jangan terlalu irit. Kalau
terlalu irit warna busi jadi putih dan mesin akan cenderung lebih panas.
Hampir 90% gangguan mesin yang
disebabkan oleh busi, dikarenakan kotor oleh endapan karbon (carbon fouling),
kotor oleh endapan oli (olie fouling) dan kotor oleh endapan timah hitam ( lead
fouling).
Penyebab keadaan terjadinya carbon fouling adalah:
1. Kesalahan
pemakaian nomor tingkat panas busi.
2. Pemakaian
bahan bakar berlebihan (karburator banjir, penyetelan karburator terlalu kaya,
cuk tidak sempurna pada posisi off, atau saringan udara karburator tersumbat).
3. Bahan bakar tidak
baik mutunya.
4. Terlalu lama
dipakai pada kecepatan rendah.
5. Pembakaran
oleh busi telat.
Keadaan mesin seperti diatas dapat
dilihat pada warna insulator dan elektroda busi yang tertutup oleh lapisan
serbuk karbon kering berwarna hitam.
Tanggal :
5 November 2012
Penulis :
Coilku
Tidak ada komentar:
Posting Komentar